Solusi buang air besar menyakitkan
By Regina lamuri On 29 Apr, 2013 At 10:47 AM | Categorized As Kesehatan | With 0 Comments
http://wanitawanita.com/2013/04/solusi-buang-air-besar-menyakitkan/

buang-air-besar-terasa-menyakitkan-ini-solusinya

Wanita wanita —  Sekitar setengah dari orang dewasa mengalami wasir atau peradangan pembuluh darah di rektum atau anus. Gejalanya sangat bervariasi tetapi bisa termasuk nyeri, gatal-gatal, buang air besar yang menyakitkan, benjolan lembut di dekat anus dan pendarahan. Penyebab potensial dari wasir termasuk kehamilan, obesitas, duduk terlalu lama, masalah pencernaan kronis dan diet rendah dalam cairan atau serat. Wasir biasanya hilang dengan sendirinya. Obat medis dan perubahan pola makan dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala wasir. Yuk simak tips dari Livestrong!

1. Yogurt

Yogurt memiliki bakteri ramah yang berkontribusi pada kesehatan pencernaan dan fungsi kekebalan tubuh. Probiotik dapat membantu mencegah atau mengobati wasir, menurut studi yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center. Untuk hasil terbaik, konsumsi produk yogurt yang mengandung bakteri aktif, seperti lactobacillus bifidus secara rutin. Minum yogurt juga dapat membantu mengurangi dehidrasi dan merangsang gerakan usus.

2. Buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran memberikan nutrisi yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan cairan yang dikandung mereka dapat membantu meringankan sembelit. Sebagai makanan yang kaya serat, buah-buahan dan sayuran juga dapat mengurangi ketegangan dan rasa sakit saat buang air besar. Buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat, antara lain berry, apel, pir, alpukat, kacang polong, brokoli, sayuran hijau, kacang dan labu.

3. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung banyak serat, protein dan mikronutrien. Kebanyakan orang tidak memenuhi kebutuhan serat setiap hari, yakni antara 20 sampai 35 g serat sehari, menurut MayoClnic.com. Makan roti gandum, sereal, dan beras merah dapat memenuhi asupan serat Anda setiap hari.

4. Cairan

Untuk mencegah atau mengurangi gejala wasir yang berhubungan dengan diet rendah cairan, perbanyak minum air atau cairan lainnya sepanjang hari. Minum minimal 8 gelas air cairan setiap hari, yang bisa berasal dari air, susu, jus murni, teh herbal, dan sup kaldu. Perlu diingat bahwa jus buah dan sayuran mengandung sedikit serat dari keseluruhan minuman di atas. Hindari kafein, minuman beralkohol dan berpemanis, yang dapat membuat tubuh hidrasi, dan dalam beberapa kasus, bisa menyebabkan peningkatan berat badan.

Jika ingin sembuh dari wasir yang menyakitkan, lakukan tips di atas dan perbaiki pola makan Anda. Selamat mencoba!

 

Sumber: merdeka.com

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Meja Redaksi WANITAWANITA.com / Pimpinan Umum/Pimpinan RedaksiErny Frida Ndolu / EditorBatara Ridwan, Regina Lamuri/ Kontributor : Oca Praso, Emantya, Melinda, Mileva, Redemtus Lakat, Dis Amalo, Felix, Rachel