http://wanitawanita.com/2013/05/titus-siapa-bilang-pemulung-itu-hina/

1

Wanita wanita. Siapa bilang pemulung itu hina? Begitulah gugat Titus (56), pria asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), ketika ditemui wanitawanita.com di jalan Timor Raya Kelurahan Oesapa, Kota Kupang, Rabu (15/5).

Dengan mata telanjang wanitawanita.com menyaksikan Titus terus  memungut barang-barang bekas yang dibuang orang dipinggiran jalan, lalu berpindah ke tempat sampah yang telah tertimbun berbagai jenis sampah.

“Pekerjaan sebagai pemulung bukanlah hina. Lain halnya jadi pencuri, termasuk koruptor, misalnya. Saya di sini bukan mencuri barang orang lain. Saya mengais rezeki dari sampah-sampah orang Kota Kupang. Setelah terkumpul saya menjualnya,”  urainya, menjawab sendiri gugatannya.

Saat ditanya barang-barang yang di simpannya dalam karung dan dipikul dibahu, Titus menjelaskan: “Ini  bukan sampah atau barang-bekas, tapi uang yang saya pikul. Barang-barang ini sudah jadi uang, hanya menanti beberapa menit lagi.”

Sebuah pesan moral yang tidak dinyana dimuntahkan oleh seorang yang mungkin tidak pernah dihargai di lingkungan keluarganya sendiri, apalagi jika berhadapan dengan para penguasa. Ironi, memang! (richo)