Kiat Menghadapi Pensiun
By Regina lamuri On 5 Jul, 2013 At 05:18 AM | Categorized As Ekbis | With 1 Comment
http://wanitawanita.com/2013/07/kiat-menghadapi-pensiun/

7

Wanitawanita.com. Masa pensiun seperti menjadi suatu ketakutan tersendiri bagi setiap orang, termasuk bagi para perempuan karir. Setiap orang, termasuk perempuan, pasti menginginkan yang terbaik, yakni ingin hidup bahagia dan sejahtera di masa tuanya.

Untuk memperoleh kehidupan yang bahagia dan sejahtera di masa pensiun merupakan hal yang perlu dipikirkan dan direncanakan sejak dini. Persiapan pensiun perlu dilakukan sejak awal Anda bekerja.

Banyak sekali orang di sekitar Anda yang kurang sejahtera dan bahagia di masa pensiunnya. Banyaknya kebutuhan tidak diimbangi dengan finansial yang memadai.

Beragam kebutuhan di masa pensiun, antara lain kebutuhan sehari-hari seperti makan, minum, membayar beragam pajak seperti pajak listrik, rumah, kendaraan, dan sebagainya, biaya kegiatan di masyarakat, biaya kesehatan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkannya sejak dini.

Ada berbagai alasan mengapa banyak orang di masa pensiun kurang memperoleh kesejahteraan yang layak. Beberapa alasan yang dapat terjadi antara lain bersikap konsumtif, pengelolaan keuangan yang kurang tepat, dan juga kurangnya persiapan dan perencanaan akan dana pensiun dan hari tua.

Ada baiknya sejak saat ini, Anda lebih mempersiapkan dan merencanakan diri untuk masa pensiun, terlebih bagi perempuan karir seperti Anda. Merencanakan sedini mungkin akan lebih baik.

Beberapa strategi merencanakan masa pensiun Anda yang dapat dilakukan sejak dini, antara lain:

• Siapkan secara personal dana pensiun Anda sejak dini.

• Persiapan dana pensiun juga dapat dilakukan dengan mengikuti asuransi dana pensiunan.

• Persiapkan asuransi kesehatan untuk masa pensiun.

• Investasi untuk jangka panjang.

• Persiapan usaha atau bisnis untuk masa pensiun.

Anda perlu mempersiapkan dana pensiun pribadi Anda, meskipun Anda merupakan seorang perempuan karir yang juga akan menerima dana pensiun dari perusahaan. Hal tersebut karena tentu saja dana pensiun perusahaan tidaklah besar.

Mempersiapkan dana pensiun secara personal dapat dilakukan dengan menyisihkan lima persen dari penghasilan Anda tiap bulannya. Selain itu, Anda dapat mengikuti asuransi kesehatan hari tua dan juga asuransi dana pensiun.

Investasi dalam jangka panjang juga perlu dipersiapkan sejak dini. Beberapa ide investasi yang dapat dipilih antara lain dalam bentuk logam mulia, properti, perhiasan, reksa dana, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda perempuan karir tidak perlu khawatir dengan hari tua dan masa pensiun Anda.

 

Sumber: perempuan.com.

 

 

 

 

About -

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Hi, I do believe this is an excellent blog.
    I stumbledupon it ;) I will return yet again since i have book-marked it.
    Money and freedom is the best way to change, may
    you be rich and continue to guide others.

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Meja Redaksi WANITAWANITA.com / Pimpinan Umum/Pimpinan RedaksiErny Frida Ndolu / EditorBatara Ridwan, Regina Lamuri/ Kontributor : Oca Praso, Emantya, Melinda, Mileva, Redemtus Lakat, Dis Amalo, Felix, Rachel