http://wanitawanita.com/2013/08/kewajiban-anak-menghormati-orangtuanya/

Sri Wulandari 2

 

Wanitawanita.com. Habis manis sepah dibuang. Pepatah ini sering terjadi pada orang tua yang pada masa-masa senjanya tidak lagi dipedulikan oleh anak-anaknya sendiri.

Sri Wulandari, wanita yang tetap terlihat anggun di usianya yang hampir memasuki separuh abad ini, kepada Wanitawanita.com berujar, betapa memprihatinkan jika melihat orangtua yang ditelantarkan oleh anak-anak mereka.

“Prihatin sekali melihat orangtua yang ditelantarkan anaknya. Anak-anak mereka sudah sibuk dengan dunianya masing-masing, sehingga merasa direpotkan jika harus mengurus orang tuanya yang sudah lanjut usia,” ujar wanita yang mengabdikan dirinya kepada nusa dan bangsa dengan menempati jabatan sebagai Kepala UPTD Panti Sosial Penyantunan Lanjut Usia  Budi Agung Kupang.

Menurut wanita yang akrab disapa Sri ini, ibarat kacang lupa kulit, jika anak-anak melupakan segala pengorbanan dan jasa orang tuanya dahulu sehingga mereka bisa menjadi siapa diri mereka hari ini.

Anak-anak mereka, kata dia, merasa terlalu sibuk untuk merawat orang tuanya, risih membersihkan kotoran-kotoran, merasa malu dilihat orang bila membopong orang tuanya atau alasan-alasan lain. Tidak jarang pula pasangan mereka menentang karena tidak mau direpotkan oleh kehadiran orang tua yang sakit-sakitan di rumahnya.

Menurut wanita ramah dan murah senyum ini, seorang anak tak mungkin bisa membalas jasa kedua orangtuanya yang dengan bersusah payah telah melahirkan, membesarkan dan mendidik seorang anak menjadi manusia yang baik.

Orangtua pun, lanjut dia, tidak pernah menuntut seorang anak untuk membalas budi atau kebaikan mereka. Yang mereka harapkan adalah anak-cucu mereka dapat hidup layak dan menjadi manusia yang berguna.

“Sebagai anak kita harus menghormati dan menghargai orangtua yang telah melahirkan kita, karna kalau mau hitung-hitungan seberapapun kekayaan kita, tak mungkin kita dapat membalas jasa mereka, karena merekapun tidak pernah menuntutnya,” ujarnya.

Menurut dia, baik buruknya orangtua yang melahirkan dan membesarkan kita tetap mereka adalah orangtua kita yang harus di hargai dan dihormati. Sehingga akan sangat berdosa sekali bila anak-anak kemudian menelantarkan orangtua mereka dimasa senjanya.

“Orangtua kita kalau sudah tua atau renta memang terkadang cerewet, tingkah mereka seolah kekanak-kanakan tetapi apapun kondisinya, mereka tetaplah orangtua yang harus dihormati bukan malah ditelantarkan,” pungkasnya. (Ale)